Konsep OOP (Object Oriented Programming)
Merepresentasikan suatu cara pembuatan program yang lebih dekat dengan cara berpikir manusia tentang dunia nyata. Object Oriented adalah himpunan tools dan method yang memungkinkan programer membangun program yang : Reliable - reusable
User friendly - memenuhi kebutuhan user
Maintanable
Well documented
Konsep Object Oriented
Object dan Class
Inheritance
Polymorphism
Paradigma OOP
Contoh kasus:
Misalkan anda ingin mengirim bunga ke seorang teman bernama Robin yang tinggal di kota lain. Untuk menyelesaikan masalah ini, anda pergi ke toko bunga milik Fred. Anda katakan pada Fred jenis bunga yang dikirim dan memberikan alamat yang dituju. Anda percaya bahwa bunga akan sampai ke teman anda tepat waktu.
Mekanisme Penyelesaian Masalah
1. Pertama kali anda mencari agent (Fred) dan melalui agent ini anda mengirimkan message (pesan) yang berisi suatu permintaan.
2. Fred memiliki responsibility (tanggungjawab) untuk memenuhi permintaan tersebut.
3. Ada beberapa method (sebuah algoritma atau kumpulan operasi) yang digunakan Fred untuk melakukan tugas tersebut.
4. Anda tidak perlu tahu method apa yang digunakan Fred. Informasinya tersembunyi (hidden )
Konsep OOP
Sebuah program Object Oriented tersusun atas komunitas dari agen-agen yang saling berinteraksi yang disebut objek. Setiap objek memiliki peran yang harus dimainkan.
Setiap objek menyediakan pelayanan (service) atau membentuk suatu aksi yang digunakan oleh anggota lain dalam komunitas
Message and Responsibility
Anggota komunitas OO saling membuat request.
Aksi dibentuk dalam OOP dengan mengirimkan sebuah pesan (message) ke sebuah agen (object) yang dipercaya untuk melakukan aksi.
Pesan (message) mengkodekan permintaan untuk sebuah aksi dan digabungkan dengan suatu informasi tambahan (argumen/parameter) yang diperlukan untuk memenuhi permintaan tsb.
Penerima pesan (receiver) adalah objek dimana pesan dikirimkan.
Receiver menerima pesan, artinya dia bertanggungjawab (responsibility) untuk melakukan aksi tsb. Sebagai respon dari pesan, receiver akan membentuk beberapa method untuk memenuhi permintaan.
Classes dan Instance
Object adalah instance dari Class
Fred adalah instance dari class orang
Fred adalah instance dari class florist
Æ Fred adalah object yang merupakan instance dari sebuah class
Object memiliki state dan behavior
Object Mahasiswa
State(NIM, Nama, Kuliah yang diikuti, Umur)
Behavior(Mengikuti kuliah, mengikuti ujian, mengerjakan tugas, melakukan praktikum)
Encapsulation:
Messages:
Messages:
Objek-objek saling berinteraksi dan berkomunikasi dengan mengirimkan pesan (message).
Ada tiga bagian dalam pesan
Contoh : System.out.println{“Hello World’}
Object dimana pesan dikirim (System.out)
Nama method pembentuk pesan (println)
Parameter tambahan (“Hello World”)
Class
Class adalah sebuah blueprint yang mendefinisikan variabel dan method untuk semua objek dalam class tersebut.
Object dari suatu class dikonstruksikan saat program dijalankan (constructor)
Contoh :
Student std
Std = new(Student);
Inheritance:
Polymorphism:
Sumber : https://dinus.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar