Rabu, 07 Oktober 2020

Instalasi Sumber Daya Berbagai Pakai dan Koneksi Internet

Secara definisi sederhana definif jaringan komputer adalah hubungan dua atau lebih sistem komputer yang terpisah, melalui media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan yang lain agar dapat saling berbagi data, informasi, program, dan berbagi sumber daya(resource). Sebuah jaringan dapat dihubungkan dengan berbagai media komunikasi antara lain: kabel, radio, satelit.

Tujuan jaringan komputer antara lain membagi sumber daya dan data, contohnya berbagi data(dokumen, spreadsheet, film dan lainya), berbagi hardware(pemakaian printer CPU, memori, harddisk). Komunikasi : contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting. Akses informasi : web browsing.

A. SHARING RESOURCE

Atau yang dikenal dengan sharing jaringan. Manfaatnya adalah mempermudah dalam melakukan aktivitas pekerjaan menggunakan komputer khususnya dalam berbagi data/file dan lain sebagainya. Untuk melatih pemahamanmu tentang shared resource atau sharing jaringan. 

1. Definisi Shared Resource

Sharing adalah suatu fasilitas yang digunakan  untuk membagi suatu file, perangkat dan koneksi internet untuk digunakan secara bersama-sama dengan tujuan untuk menghemat biaya dan perangkat. Sharing dapat dilakukan terhadap file dokumen/software dalam drive atau folder atau dala CD Room, sharing perangkat : printer dan cdroom.

Pengertian sharing data/shared resource dalam sistem terdistribusi adalah beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya  yang terdapat dalam situs lain.Misalnya user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B. dan sebaliknya user disitus B dapat mengakses file yang terdapat  di komputer A.

Pengaksesan resource pada sistem terdistribusi memerlukan beberapa hal , yaitu sebagai berikut.

A. Nama Resource(untuk pemanggilan)

B. Alamat(Lokasi resource tersebut)

C. Rute(bagaimana mencapai lokasi tersebut)

2. Kelebihan Shared Resource

Kelebihan: 

  • Efisiensi
  • Kemudahan
  • Kemampuan berevolusi
3. Tujuan dan Manfaat Sharing Resource
Shared Resource bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.

4. Mengkonfigurasi Hasil Sharing Resource Dalam Jaringan
Bagaimanakah langkah-langkah shared resource dalam jaringan?

5. Menguji Hasil Shared Resource dalam jaringan
Bagaimanakah cara mengujinya?

B. INSTALASI KONEKSI INTERNET PADA WORKSTATION


1. Pengertian Internet
Sekumpulan jaringan komputer yang terhubung. Untuk membangun sebuah jaringan internet umumnya membutuhkan peralatan seperti repeater, bridge, router dan gateway.
Komputer terhubung ke internet menggunakan modem  yang terhubung ke ISP.
ISP akan akan menyediakan tempat atau terminal yang digunakan untuk mengakses jaringan yang disebut Point of Presence(POP). Jadi internet merupakan jaringan yang berisi jaringan.

2. Pengertian Workstation
Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Workstation tidak dapat menjalankan tugas pemrosesan , tugas seluruhnya dilakukan oleh server sehingga beban pemrosesan seluruhnya dilakukan oleh server sehingga beban pemrosesan  dan lalu lintas network terpusat oleh server. Workstation disebut juga dengan Client.

3. Koneksi Komputer ke Internet
Ada berbagai macam tipe koneksi ke internet, baik yang menggunakan kabel, maupun yang tanpa kabel. Tipe-tipe koneksi sebagai berikut:

A. Tipe Koneksi ke Internet dengan kabel
    a. DIAL-UP
    b. ADSL
    c. Akses Saluran ISDN
    d. LAN
    e. TV Kabel
B. Tipe Koneksi ke Internet tanpa kabel
    a. GPRS
    b. 3G
    c. Wifi
    d. Akses Satelit

Sumber Pustaka: Buku Siswa Komputer Jaringan Dasar, Mediatama

Tidak ada komentar: