Senin, 02 November 2020

For Bersarang

Seringkali, kita perlu melakukan operasi perulangan for di dalam operasi perulangan for yang lain. Konstruksi seperti ini biasa disebut dengan perulangan for bersarang. Kegunaanya adalah untuk memanipulasi setiap elemen pada sebuah matriks multi-dimensi.

Katakan kita sekarang memiliki sebuah matriks dua dimensi berukuran 3 x 3 seperti pada gambar di bawah ini.


Kali ini, kita memiliki sebuah matriks yang terdiri dari 3 baris dan 3 kolom. Untuk menampilkan nomor baris dan nomor kolom pada setiap elemen matriks di atas, kita bisa menggunakan perulangan for bersarang seperti pada kode program di bawah ini.

for (int i = 0; i < 3; i++) // iterasi baris
{
for (int j = 0; j < 3; j++) // iterasi kolom
{
Console.Write("({0}, {1})", i, j);
}
Console.Write("\n");
}
/*
output:
(0, 0)(0, 1)(0, 2)
(1, 0)(1, 1)(1, 2)
(2, 0)(2, 1)(2, 2)
*/

Pada konstruksi di atas, kita memiliki dua buah pernyataan for. Satu pernyataan for berada di dalam pernyataan for yang lain. Pernyataan for yang berada di luar (biasa disebut dengan outer-loop) berfungsi untuk melakukan perulangan pada baris matriks. Sedangkan pernyataan for di dalamnya (biasa disebut dengan inner-loop) berfungsi untuk melakukan perulangan pada kolom matriks.

Pada saat outer-loop mengiterasi baris pertama, inner-loop akan mengiterasi kolom pertama sampai kolom ketiga pada baris pertama. Selanjutnya, saat outer-loop mengiterasi baris kedua, inner-loop akan melakukan iterasi pada kolom pertama sampai kolom ketiga pada baris kedua. Hal yang sama juga dilakukan untuk iterasi baris ketiga.


1 komentar:

Marsya mengatakan...

mari gabung bersama kami di Aj0QQ*com x-)
BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
BONUS REFERAL 20% seumur hidup. ;-)