Rabu, 30 September 2020

PEMELIHARAAN HARDWARE DAN SOFTWARE

Mata Pelajaran : Komputer dan Jaringan Dasar

Kelas                : X/RPL

Kompontensi Dasar : 

3.8 Menerapkan perawatan perangkat keras komputer

4.8 Melakukan perawatan perangkat keras komputer

A. PERAWATAN HARDWARE KOMPUTER

Hardware(Perangkar Keras) adalah perangkat yang nyata terlihat dan dapat kita sentuh bagian atau bentuknya. Sebagian besar komponen yang ada di hardware dialiri energi listrik. Umumnya komponen yang ada di dalam perangkat Hardware di Komputer rentan sekali terhadap kerusakan akibat benda-benda cair seperti air, minyak atau sejenisnya. Bagaimana cara merawa hardware komputer dengan baik agar awet dalam penggunaannya?

1. Definisi Perawatan Komputer

Menjaga komponen-komponen komputer baik itu berupa hardware maupun berupa software dari hal-hal yang dapat membahayakan komputer. Dengan perawatan yang maksimal, baik itu perawatan secara hardware maupun perawatan secara software. Perawatan komputer perlu dilakukan secara berkala, minimal dilakukan setiap satu minggu satu kali tapi akan lebih baik bila dilakukan setiap selesai menggunakan. Karena setiap selesai mengoperasikan software aplikasi pasti ada file-file sampah yang tersimpan di harddisk dan akan mengakibatkan komputer menjadi komputer menjadi lambat.

2. Alat Dan Bahan Perawatan Komputer

Peripheral Komputer merupakan peralatan pendukung dari sebuah PC. Sebuah PC terdiri dari beberapa komponen, dimana masing-masing komponen memiliki fungsi tersendiri yang akan saling berkaitan. Walaupun komponen PC terletak dalam sebuah casing komputer namun masih banyak kotoran yang dapat mengganggu fungsionalitas komponen baik dari debu maupun serangga. Untuk membersihkan kotoran tersebut dapat digunakan peralatan yang sederhana seperi berikut ini:

  • Kuas
  • Obeng
  • Tang
  • Penyedot Debu Mini
  • Kain Kering atau tisu dan cairan pembersih/cleaner
  • CD Cleaner

B. Melakukan Perawatan Hardware Komputer

1. Perencanaan Perawatan Komputer

Dalam dunia bisnis perawatan ini akan menambah nilai jual komputer atau notebook karena sistem  dan hardwarenya masih berjalan dengan baik. Membiasakan perawatan secara berkala menjadi sangat penting bagi kita yang terbiasanya menggunakan dan mengelola komputer. Perawatan berkala memerlukan perencanaan perawatan yang sistematis dan efisien sehingga perawatan bisa terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

Berikut ini langkah-langkah pembuatan perencanaan perawatan.

  • Inventarisasi komputer dan peralatan untuk perawatan komputer
  • Membuat tabel cek list untuk komponen apa saja yang akan diperiksa
  • Membuat buku log perawatan yang didalamnya terdapat histori kerusakan dan perawatan masing-masing komputer
  • Membuat kartu perawatan untuk memudahkan proses cek dan perbaikan
  • Membuat jadwal perawatan komputer secara berkala

2. Melakukan Perawatan Hardware Komputer

Hardware komputer merupakan bagian penting yang harus dirawat dengan baik, karena jika salah satu komponen hardware mengalami kerusakan, dapat menyebabkan performa komputer menurun, bahkan komputer juga bisa rusak dan tidak dapat digunakan sama sekali. Berikut ini cara sederhana yang dapat digunakan untuk merawat hardware komputer.

a. Membersihkan bagian dalam casing

Langkah-langkahnya:

  • Buka casing penutupnya
  • Gunakan kuas bersih untuk membersihkan hardware komputer.
  • Lepaskan heatsink dan kipas prosessor dengan perlahan, kemudian bersihkan dengan menggunakan kuas
  • Lepaskan VGA card dari motherboard dengan perlahan, bersihkan bagian kipas dan heatsink pada VGA Card
  • Bersihkan bagian sirkuit harddisk dengan menggunakan kuas bersih
  • Lepaskan power supply dan bersihkan debu yang menempel secara perlahan

b. Menggunakan Stavolt atau UPS

Gunakan stavolt atau UPS untuk mengantisipasi kerusakan yang ditimbulkan oleh kejutan listrik atau terputusnya listrik secara tiba-tiba.

c. Membuat ventilasi yang cukup

Pastikan udara di dalam casing dapat mengalir dengan lancar agar casing tidak terlalu panas, sehingga dapat memperpanjang usia pakai hardware komputer. Gunakan kipas tambahan agar casing tidak teralalu panas.

d. Meletakkan komputer di tempat yang kering

Tempat yang lembab dapat menyebabkan timbulnya jamur pada hardware komputer. Jika sudah begitu, hardware akan sulit dibersihkan. Oleh karena itu, usahakan komputer diletakkan di tempat yang bersih dan kering.

C. Permasalahan Pada Hardware Komputer

Jika PC sering kali menunjukkan adanya pesan eror, mengeluarkan bunyi beep yang terus menerus secara berurutan atau tidak beraturan, PC tersebut kemungkinan besar sedang dala masalah. Masalah atau kerusakan yang timbul biasanya dikategorikan dalam 2 jenis kerusakan yaitu masalah atau kerusakan hardware dan software.

 1. Permasalahan Hardware Internal

Yaitu masalah yang sering muncul pada komponen sistem komputer yang meliputi seluruh isi CPU, antara lain:

a. Monitor

  • Gejala Permasalahan: Monitor mati, Monitor Blank, Monitor menampilkan gambar tidak proporsional, warna tampilan tidak sesuai dengan aslinya, monitor berkedip-kedip.
  • Solusi Permasalahan: Periksa tombol  ON, pastikan kabelnya power terpasang dengan benar,cek VGA Card, instalasi kabel data dari VGA card ke monitor, instalasi fisik kabel power supply
b. Motherboard
  • Gejala Permasalahan: CPU mati, Komputer cepat panas atau hang, kinerja komputer lambat, tidak bisa shutdown, komputer selalu minta setup
  • Solusi Permasalahan: Cek semua kabel data yang terpasang, cek kondisi power supply dan fan pendingin, cek prosessor, dan menghapus beberapa file yang tidak penting yang membuat kinerja komputer lambat.
c. RAM
  • Gejala Permasalahan: CPU Mati, Akses program lambat, memori yang terbaca pada POST tidak sesuai
  • Solusi Permasalahan: Pastikan RAM tidak panas gunakan power supply yang bagus agar tegangan listrik yang mengalir ke RAM baik, bersihkan RAM dan slotnya dari debu/karat. Cek setting-an RAMnya.
2. Permasalahan Perangkat Lunak BIOS
  • Gejala Permasalahan: Komputer Mati, Komputer hidup tapi blank atau tidak ada tampilan di layar dan tidak ada aktivitas, Komputer tidak dapat diseting hardwarenya, setting kacau dan POST tidak jalan.
3. Permasalahan Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan suatu perangkat  lunak yang berfungsi untuk mengelola semua sumber daya sistem komputer, diantaranya yaitu perangkat keras, program aplikasi dan user untuk menjadi suatu sistem yang dapat bekerja.
  • Gejala Permasalahan:Tidak dapa booting, Kinerja booting sampai ke windows berlangsung dengan lambat; Windows explorer tidak dapat dijalankan, tidak dapat mengcopy, mengganti nama file, Start Menu tidak dapat dijalankan, Prosedur Shutdown tidak dapat dilaksanakan, Prosedur shudown berhenti sebelum komputer benar-benar mati.
4. Permasalahan Program Aplikasi
  • Gejala Permasalahan:Program tidak ada di Start Menu, Desktop, hali ini karena shortcut terhapus, file program aplikasi rusak, expire, hilang, terkena virus.
  • Gejala Permasalahan: Program aplikasi tidak dapat dijalankan, hal ini karena manajemen memori bermasalah, setting resolusi, instalasi tidak lengkap
  • Gejala Permasalahan:Kinerja program lambat, hal ini karena prosessor bermasalah, file program bermasalah akibat rusak, expire, hilang, terkena virus, berganti nama atau berpindah folder.
Sumber Pustaka: Buku Siswa, Komputer dan Jaringan Dasar, CV Mediatama, 2017