Sabtu, 12 September 2020

Pengenalan Bahasa C#

 1.1 Pengenalan Framework .NET 

Framework .NET adalah suatu komponen windows terintegrasi yang dibuat dengan tujuan untuk mendukung pengembangan berbagai macam jenis aplikasi serta untuk dapat menjalankan berbagai macam aplikasi generasi mendatang termasuk pengembangan aplikasi Web Services XML. 

Framework .NET didisain untuk dapat memenuhi beberapa tujuan berikut ini : 

• Untuk menyediakan lingkungan kerja yang konsisten bagi bahasa pemrograman yang berorientasi objek ( object-oriented programming - OOP ) 

• Untuk menyediakan lingkungan kerja di dalam mengeksekusi kode yang dapat meminimaliasi proses software deployment dan menghindari konflik penggunaan versi software yang dibuat. 

• Untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman dalam hal pengeksekusian kode, termasuk kode yang dibuat oleh pihak ketiga ( third party). 

• Untuk menyediakan lingkungan kerja yang dapat mengurangi masalah pada persoalan performa dari kode atau dari lingkungan interpreter nya.

Sekilas Pemrograman C# 

Pada tahun 2000 Microsoft meluncurkan bahasa pemrograman baru yang diberi nama C# Programming Language. C# dikembangkan oleh Microsoft oleh tim yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg dan Scott Wiltamuth. C# memiliki kesamaan bahasa dengan C, C++, dan Java, sehingga memudahkan developer yang sudah terbiasa dengan bahasa C untuk menggunakannya, C# mengambil fitur-fitur terbaik dari ketiga bahasa tersebut dan juga menambahkan fitur-fitur baru. C# adalah bahasa pemrograman Object Oriented dan memiliki class library yang sangat lengkap yang berisi prebuilt component sehingga memudahkan programer untuk men-develop program lebih cepat. C# juga distandarkan oleh Ecma International pada bulan desember 2002.

Dengan C# dapat dibuat bermacam aplikasi seperti aplikasi console, aplikasi windows form, aplikasi Web, aplikasi Web services, dan aplikasi untuk mobile device. Jadi cukup belajar satu bahasa saja tapi sudah dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi.

Microsoft .NET Framework 

Ada dua komponen utama dalam .NET Framework yaitu CLR (Common Language Runtume) dan FCL (.NET Framework Class Library). Common Language Runtime (CLR) adalah pondasi utama dari Framework .NET. CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap beberapa tugas, seperti mengatur managemen memory, melakukan eksekusi kode, melakukan verifikasi terhadap keamanan kode, menentukan hak akses dari kode, melakukan kompilasi kode, dan berbagai tugas lainnya. Dengan adanya komponen CLR ini, maka aplikasi berbasis .NET biasa juga disebut dengan managed code, sedangkan aplikasi di luar .NET disebut dengan un-managed code. Pada .NET ada dua tahap kompilasi yang dilakukan, pertama CLR akan melakukan kompilasi kode-kode aplikasi kita menjadi bahasa assembly MSIL (Microsoft Intermediate Language), kedua ketika aplikasi dieksekusi compiler yang lain yang bernama JIT (Just-in-time compiler) yang juga salah satu kompenen dalam CLR untuk menterjemahkan MSIL kedalam bahasa mesin yang disesuaikan dengan platformnya. 

Editor C# 

• Notepad

Kita dapat membuat aplikasi C# dalam notepad . File-file C# disimpan dengan ekstension .cs, jika kita tidak hati-hati pada saat menyimpan file C# di Notepad, misal kita bermaksud menyimpan file dengan nama test.cs maka tidak tertutup kemungkinan file tersebut akan menjadi test.cs.txt kecuali kita telah mensetting terlebih dahulu box drop down list pada fungsi Save As menjadi “All Files”. 

• Visual Studio  

Jika anda telah terbiasa menggunakan Visual Studio 6, maka tools tersebut bisa digunakan untuk membuat aplikasi dengan C#, khususnya dengan menggunakan editor Microsoft Visual C++. Salah satu keuntungan menggunakan editor khusus buat pemrograman (seperti Microsoft Visual C++) adalah adanya syntax highlighting , yang memudahkan kita pada saat membaca dan menganalisa kode-kode program kita. Namun, karena Visual Studio  (khususnya Visual C++) ini di buat sebelum adanya bahasa C#, maka perlu sedikit “kreatifitas” kita untuk memodifikasi setting editor tersebut agar dapat menampilkan syntax highlighting C#.

Membuat program dengan Visual Studi 2012

1. Buka file baru pada aplikasi Visual Studio 2012.


2. Ketiklah kode berikut ini
3. Kemudian jalankan dengan menekan tombol Ctrl + F5, maka akan ditampilkan hasilnya sebagai berikut.

Penjelasan perbagian dari Latihan di atas adalah sebagai berikut: 

1. Tag // digunakan sebagai komentar, pada C# digunakan t ag // (jika hanya satu baris saja) atau diapit t ag /* */ (jika komentarnya lebih dari satu baris). Kode atau keterangan di dalam tag komentar tidak akan dieksekusi oleh compiler. 
2. Keyword using digunakan untuk memberitahu compiler class yang digunakan pada aplikasi. Salah satu keunggulan dari C# adalah tersedianya predefined class yang dapat langsung digunakan dalam aplikasi. 
3. Keyword namespace digunakan untuk mendeklarasikan ruang lingkup dari class yang kamu buat. Class di dalam namespace dapat dipanggil dengan mencantumkan nama namespace-nya terlebih dahulu.
4. Keyword using System; pada baris pertama mempunyai arti kamu dapat menggunakan class-class yang ada pada namespace System. 
5. Keyword class digunakan untuk mendeklarasikan class dengan nama Program. 
6. Deklarasi static void Main(string[] args) adalah method utama yang dijalankan pada class Program.
7. Sintaks Console.WriteLine digunakan untuk menampilkan output ke layar console.

1.2 Tipe Data 

C# mempunyai dua jenis built-in tipe data yaitu value types dan reference types. Referenced type didefinisikan dengan menggunakan class. C# mempunyai 13 tipe data dasar yang ditunjukan pada table dibawah ini 

Tipe-tipe data yang ada diatas disebut dengan simple types Tipe Data Integer C# mempunyai sembilan tipe integer: char, byte, sbyte, short, ushort,int, uint, long, dan ulong. Tetapi char type digunakan untuk mendefinisikan tipe data karakter, delapan sisanya digunakan untuk kalkulasi numerik.


1.3.  Variabel 


dapat di download salah satu ebook C# => Pengenalan C# , Modul C#




Tidak ada komentar: